jamur ascomy cotina

jamur ascomy cotina


Ascomycota terdiri atas sekitar 30.000 spesies. Ascomycota disebut juga sac fungi. Diberi nama sac fungi karena memproduksi spora dari bagian reproduksi seksual yang berbentuk seperti kantung (sac). Beberapa Ascomycota hidup di dasar hutan yang berhumus tebal dan membentuk struktur reproduktif berbentuk mangkuk yang indah.

1. Ciri-Ciri Ascomycotina
a. Memiliki hifa bersekat dan berinti banyak.
b. Struktur tubuhnya ada yang uniseluler (contoh: Saccharomyces), bersel banyak dan membentuk miselium soenositik (contoh: Penicillium). Akan tetapi, ada pula Ascomycotina yang bersel banyak dan membentuk badan buah (contoh: Nectria).
c. Cara hidupnya ada yang saprofit dan ada yang parasit. 

jamur zygomy cotina
Zygomycota memiliki anggota sekitar 600 spesies. Contoh Zygomycotina yang terkenal adalah Rhizopus oryzae. Jamur ini biasa dipergunakan untuk membuat tempe dan merupakan jamur hitam yang biasa tumbuh pada roti. Contoh spesies lain dari divisi ini, antara lain Mucor sp. dan Pilobolus sp. Siklus hidup dari jamur Rhizopus stolonifer yang tumbuh pada roti, memperlihatkan siklus seksual dan aseksual Zygomycota. Hifa haploid dari Zygomycota tampak serupa, tetapi sebenarnya memiliki cara perkawinan yang berbeda.

1. Ciri-Ciri Zygomycotina 
a. Hidup di tempat-tempat lembap.
b. Membentuk spora istirahat berdinding tebal yang disebut zigospora.
c. Mempunyai hifa bercabang-cabang dan tidak bersekat (soenositik), dengan dinding sel tersusun atas zat
jamur oomy cotina


Oomycota dapat hidup di air atau tempat-tempat lembap dan mempunyai oospora sebagai penghasil spora. Spora yang dihasilkan oleh zigot berdinding tebal yang berfungsi sebagai pelindung. Pada kondisi tertentu, spora akan tumbuh menjadi hifa baru. Jamur ini hidup ditempat yang lembap atau air, oleh sebab itulah disebut sebagai “jamur air”
. Ciri-ciri Oomycota / Jamur Air
Jamur ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a. dinding sel berupa selulosa,
b. mempunyai banyak inti yang terdapat dalam benang-benang hifa yang tidak bersekat, dan
c. berkembang biak secara aseksual dengan pembentukan zoospora.
Zoospora ini dilengkapi dengan alat berenang berupa dua buah flagel

jamur basidiomy cotina






jamur ini banyak diburu para pengelola restoran, selain rasanya lezat, jamur ini juga bermanfaat bagi kesehatan seperti mengobati penyakit jantung, tekanan darah diabetes, anemia, bahkan kangker dan HIV. Menu jamur telah banyak menjadi menu standar restoran-restoran kelas atas serta juga telah merambah industry makanan dan banyak ditemukan di supermarket, seperti kecap, garam, saus dan teh berbahan dasar jamur golongan ini. Basidiomycotina adalah kelompok jamur yang sangat tinggi tingkat perkembangannya dibandingkan kelompok-kelompok jamur lain. Bagian yang khas yang menjadi cirri khas dari golongan jamur ini adalah pada organ penghasil spora berbentuk gada yang khas yang disebut basidium.

Ciri-ciri Basidiomycotina
·         Sifat hidupnya heterotof, ada yang saprofit misalnya Auricularia polyricha dan parasit misalnya Exobassidium vexans.
·         Ukurannya mikroskopis dan makroskopis dan bersel multiseluler.
·         Hifanya bersekat, hifa vegetatifnya mempunyai sati inti yang haploid.
·         Memiliki buah yang disebut basidiokarp (tempat terbentuknya basidium).
·         Umumnya badan buahnya berbentuk payung yang terdiri atas batang

jamur deuteromy cotina
Jamur ini hanya diketahui cara reproduksi aseksualnya saja oleh karena itu sering disebut fungi imperfecti atau jamur tidak sempurna. Reproduksi aseksual jamur deuteromycotina ini yaitu dengan cara pembentukan konidia. Jika suatu jamur deuteromycotina ini diketahui cara reproduksi seksualnya maka dimasukkan ke dalam kelompok jamur yang lain. Contohnya Monilia Sitophila, setelah diketahui reproduksi seksualnya dengan menghasilkan askospora, jamur ini dimasukkan ke dalam jamur Ascomycotina dan diganti namanya menjadi Neurospora Crassa (jamur oncom).

Ciri-ciri jamur deuteromycotina yaitu :
1. Tubuhnya mikroskopis
2. Hidup kebanyakan parasit
3. Bereproduksi secara aseksual

Komentar

  1. kalo jamur yang suka kita makan itu termasuk jenis mana ya ?? teknosmurf.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

membudayakan menabung sejak dini

KEADAAN ANAK ANAK SEKOLAH DI PEDALAMAN TANGGERANG

TOKOH YANG BERPERAN DALAM TEKS PROKLAMASI